Figur Seorang Pemimpin

Menjadi figur seorang pemimpin tentu saja keinginan dan bahkan mungkin cita-cita besar bagi sebagian orang. Bagaimana tidak, karena secara harfiah seorang pemimpin memiliki hak dan kekuasaan penuh terhadap apa dan siapapun yang dipimpinnya.

Namun hal tersebut tidak berlaku bagi seorang Fajar Yousriatin, M.Kes., wanita kelahiran Kota Pontianak 43 tahun silam, yang saat ini memangku beban serta tanggungjawab berat karena mengemban amanah dari Yayasan untuk memimpin dan menjabat sebagai Ketua STIKes Yarsi Pontianak, periode 2018 – 2022.

Seperti keseharian para pemimpin ditempat lain, Fajar Yousriatin juga memiliki tanggungjawab terhadap institusi, pegawai serta mahasiswa yang berada dibawah komandonya, belum lagi kegiatan eksternal yang padat.

Dari semua kesibukan tersebut, Fajar Yousriatin tetap tersenyum, tetap menyapa para pegawainya dan yang tak kalah penting, tetap meluangkan waktu untuk para mahasiswanya. Bertanya dan ditanya adalah hal lumrah bagi seorang Fajar Yousriatin.

Saat ditemui diruang kerjanya pada Kamis (13/9/2018) Sore, dan ditanya, tahukah pemimpin yang baik itu seperti apa? Fajar menjawab, “Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu menjadi pengayom bagi bawahannya, tegas, serta bijaksana. Selain itu pemimpin yang baik juga mampu memilih perkataan yang bijak dan efektif untuk membangun timnya. Kata bijak seorang pemimpin bisa menjadi motivasi atau semangat bagi tim yang dipimpinnya. Kata bijak seorang pemimpin bisa mempengaruhi kinerja tim dalam mencapai tujuan”.

Fajar Yousriatin menambahkan, Albert Einstein pernah mengatakan, “Jangan pernah melakukan hal yang sama berulangkali, dengan harapan ingin mendapatkan hasil yang berbeda”.

Dari perkataan Albert Einstein tersebut, lanjut Fajar, kita bisa belajar bahwa jika kita menginginkan suatu hasil yang berbeda dari apa yang kita kerjakan, maka jangan lakukan hal yang monoton setiap hari. Kreatif dan inovatif menjadi salah satu kunci untuk mencapai kesuksesan, selain itu tetaplah tersenyum dan ikhlas dalam situasi apapun.

Seperti halnya dengan para peserta didik yang ada di Stikes Yarsi Pontianak, “belajarlah dengan giat, terus asah keterampilan anda, ciptakan karya dibidang kesehatan yang bisa membuat orang terdekat anda bangga, jaga nama baik almamater dan raihlah gelar Profesional Nurse bersama kami”, tegasnya. (Kominfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *