WORKSHOP ETIK PENELITIAN KESEHATAN

LIMSY (Lingkar Ilmiah Mahasiswa STIKes YARSI Pontianak) menyelenggarakan Workshop Etik Penelitian Kesehatan yang dilaksanakan secara daring dan luring pada hari Jum’at, 4 Juni 2021 di Ruang Pertemuan STIKes YARSI Pontianak. Kegiatan ini merupakan salah satu agenda LIMSY yang dikhususkan pesertanya yaitu mahasiswa semester VI program studi S1 Keperawatan dan mahasiswa semester IV program studi Diploma III Keperawatan dan mahasiswa lainnya.

Ketua Panitia, Dwicky Bagus Saputra menyampaikan bahwa kegiatan ini mempunyai tujuan penting, dimana diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini, peserta mampu mengisi protokol uji etik penelitian kesehatan, melakukan penelitian sesuai dengan kaidah dan pustaka etik penelitian kesehatan serta memahami prosedur pengkajian etik penelitian kesehatan. Selain tujuan tersebut dwicky juga menyampaikan bahwa diharapkan dengan kegiatan ini mampu mengenalkan UKM limsy kepada masyarakat serta memperkenalkan STIKES YARSI Pontianak kepada masyarakat luas.

Hadir sebagai Narasumber dalam kegiatan ini merupakan Dosen STIKes YARSI Pontianak dan Komite Etik Penelitian Kesehatan (KEPK) STIKes Yarsi Pontianak diantaranya Ns. Diena Juliana, S. Kep., M. Kes selaku pemateri I dengan materi “Etik Penelitian Kesehatan dan Sosialisasi Pengisian Protokol Etik” dan Ns. Fauzan Alfikrie, M. Kep selaku pemateri II dengan materi “Alur Protokol Etik STIKes YARSI Pontianak”.

Kepala LPPM STIKes YARSI Pontianak, Ibu Ns. Diena Juliana, S.Kep, M.Kes berharap mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini bisa memberikan bekal dan menambah semangat mahasiswa dalam melakukan penelitian yang sesuai dengan aturan, protokol dan kaidah yang berlaku.