STIKes Yarsi Pontianak Gandeng MSU Malaysia Buka Kelas Internasional

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yayasan Rumah Sakit Islam dan Akademi Farmasi Yarsi Pontianak, Kalimantan Barat melakukan kerjasama Internasional dengan Management and Science University (MSU) Malaysia, kerjasama bidang pendidikan antar negara ini berlangsung di University Drive, Off Persiaran Olahraga, Section 13, 40100 Shah Alam, Selangor Darul Ehsan, Malaysia pada, Kamis (15/8/2019) pagi.

Diantara poin penting dalam bincang program yang langsung di aplikasikan dengan penandatanganan perjanjian kerjasama Internasional antara para pihak, telah disepakati bersama bahwa selain pertukaran pelajar dan tenaga pengajar juga akan dibuka kelas Internasional bagi mahasiswa-mahasiswi STIKes dan Akfar Yarsi Pontianak.

Ketua STIKes Yarsi Pontianak, Fajar Yousriatin mengatakan, sesuai dengan keinginan dalam rangka promosi kegiatan Internasional antara dua Universitas, kami telah membuat sejumlah pernyataan bersama terkait kerjasama bidang budaya, pendidikan dan penelitian.

“Kerjasama dan pengembangan kegiatan dapat meluas ke setiap bidang dan mata pelajaran dimana kedua Universitas dapat mengidentifikasi kepentingan bersama, akses prioritas ditahap awal antara STIKes Yarsi, Akfar Yarsi Pontianak dan MSU Malaysia adalah, melakukan pertukaran mahasiswa untuk melakukan penelitian, pertukaran tenaga pengajar untuk belajar serta kunjungan jangka pendek,” ungkap Fajar.

Selain itu lanjutnya, juga telah disepakati bersama bahwa “Para pihak akan saling berpartisipasi dalam konferensi, simposium, pertukaran informasi dan publikasi, materi akademik, serta memfasilitasi mobilitas mahasiswa melalui program transfer, gelar ganda, gelar bersama penambahan program jalur cepat, internship serta kunjungan rutin antara dua Universitas,” tutup Fajar.

Sebagaimana diketahui bahwa, dua lembaga pendidikan bidang kesehatan yang bernaung dibawah Yayasan Rumah Sakit Islam Pontianak, melalui perwakilan masing-masing institusi diantaranya Dr. Fahrurrazi selaku Badan Pembina Harian, Ketua STIKes Yarsi Pontianak Fajar Yousriatin, Wakil Ketua III bidang kerjasama dan informasi, Masmuri, Direktur Akfar Yarsi Pontianak, Adhisty Kharisma Justicia dan Pudir III Akfar Yarsi Pontianak, Fadli, bertolak ke Kuala Lumpur dalam rangka penandatanganan MOU Internasional dengan sejumlah Universitas terbaik di Malaysia, diantaranya Management and Science University dan Universitas Kebangsaan Malaysia.

Diharapkan, dengan ditandatanganinya MOU Internasional ini kedepannya STIKes dan Akfar Yarsi Pontianak bisa menjadi barometer pendidikan bidang kesehatan, tidak hanya untuk Indonesia tapi juga untuk dunia. (Kominfo)