Ratusan Mahasiswa STIKes Yarsi Pontianak Praktikum Di Tiga Rumah Sakit

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan, Yayasan Rumah Sakit Islam Pontianak menyebar ratusan mahasiswanya untuk melakukan praktik kedinasan di tiga Rumah Sakit yang ada di Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Praktikum 60 hari kerja tersebut melibatkan mahasiswa Program Studi Ners dari tiga angkatan.

Sedikitnya 136 mahasiswa Program Studi Ners, semester 5 tahap akademik, semester 7 tahap akademik dan semester 1 tahap profesi STIKes Yarsi Pontianak melakukan Praktikum Komprehensif I, Komprehensif II serta Praktik Stase Keperawatan Gawat Darurat dan Kritis, di Rumah Sakit Umum Yarsi, RSJD Sungai Bangkong dan RSUD Dr. Soedarso.

Praktik kedinasan yang digelar merupakan tolak ukur sekaligus penunjang mutu dan kualitas mahasiswa pada ilmu yang diserap saat pembelajaran diruang kelas, kebijakan lainnya, praktikum harus dipenuhi 100% oleh seluruh mahasiswa kesehatan karena merupakan salah satu mata kuliah wajib.

Wakil Ketua I, Bidang Akademik dan Kurikulum, STIKes Yarsi Pontianak, Ns. Lintang Sari, M. Kep., pada Selasa (8/1/2019) pagi mengatakan, Praktikum adalah subsistem dari perkuliahan yang merupakan kegiatan terstruktur dan terjadwal guna memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman yang nyata dalam rangka meningkatkan pemahaman tentang teori atau agar mahasiswa menguasai keterampilan tertentu yang berkaitan dengan pengetahuan.

“Artinya, proses pembelajaran yang sebelumnya hanya bayangan saja (teori diruang kelas), dengan praktikum mahasiswa bisa melakukan tindak lanjut secara nyata untuk menangani pasien,” ujar Lintang.

Alumni S2 Keperawatan, Universitas Indonesia ini berharap, seluruh mahasiswanya bisa mengimplementasikan teori yang sudah didapat selama proses pembelajaran secara maksimal melalui rule sinergitas dilahan praktik.

Selain itu, “para mahasiswa harus kooperatif dengan Clinical Instructor (CI) agar kompetensi yang diinginkan bisa tercapai,” tutup Lintang.

Sebagaimana diketahui bahwa, praktikum mahasiswa STIKes Yarsi di tiga Rumah Sakit besar yang ada Kota Pontianak telah berlangsung sejak 10 Desember 2018 dan akan berakhir pada 19 Februari 2019 mendatang, dengan rincian kedinasan, 44 mahasiswa semester 5, Prodi Pendidikan Profesi Ners (Tahap Akademik) di RSU Yarsi, 55 mahasiswa semester 7, Prodi Ners (Tahap Akademik) di RSJD Sungai Bangkong dan 37 mahasiswa semester 1 Prodi Ners (Tahap Profesi) ditempatkan di RSUD Dr. Soedarso, ruangan IGD, ICU, ICCU dan HCU. (Kominfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *