Perawat Milenial Barometer Kesehatan Indonesia

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yayasan Rumah Sakit Islam Pontianak bekerjasama dengan Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia (ILMIKI) menggelar pemeriksaan kesehatan gratis, dikawasan Car Free Day, Jl. Jenderal Ahmad Yani, Kelurahan Akcaya, Kecamatan Pontianak Selatan, pada Minggu (31/3/2019) pagi.

Pemeriksaan kesehatan gratis dalam rangka Milad Ke-35 STIKes Yarsi Pontianak dan “Bulan Sehat” Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia (ILMIKI) tahun 2019, dilaksanakan dikawasan Car Free Day pada Minggu pagi, kegiatan ini juga sebagai aspirasi bagi masyarakat bahwa perawat milenial akan mendominasi dan menjadi barometer kesehatan khususnya untuk Indonesia.

Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh Mahasiswa/ mahasiswi Prodi S1 Keperawatan, semester 4, tersebut, terdiri dari, tes kolesterol, asam urat dan pemeriksaan kadar gula darah, tujuannya adalah deteksi dini agar masyarakat mengetahui kondisi kesehatannya berada pada level apa dan berapa, karena ketiga jenis “Disease” ini memiliki tingkat penderita cukup tinggi di Indonesia.

Koordinator Kegiatan, Deby Fajriati mengatakan kegiatan ini merupakan program berkelanjutan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STIKes Yarsi bekerjasama dengan ILMIKI, spesial untuk seluruh warga kota Pontianak dan sekitarnya.

“Selain wujud pengabdian kepada masyarakat, kegiatan ini juga sebagai bentuk sosialisasi bahwa mengacu pada perkembangan zaman, perawat juga include dalam rotasi Gen-Y (Milenial), dengan tujuan akhir, perawat milenial bisa menjadi tolak ukur tingkat kesehatan di Indonesia,” ungkap Deby.

Staf LPPM STIKes Yarsi Pontianak ini menambahkan, “Kegiatan yang digelar juga masih dalam rangkaian promosi Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2019/ 2020, untuk itu kami juga membagikan sejumlah brosur kepada masyarakat yang berniat untuk menjadikan putra/ putrinya menjadi tenaga kesehatan profesional,” tutup Deby.

Sebagaimana diketahui bahwa, perawat milenial harus memiliki kemampuan input dan output yang seimbang, baik dalam sistem akademik pembelajaran, digitalisasi, inovasi, riset, prestasi maupun pergaulan di masyarakat, intinya jika ingin menjadi perawat milenial profesional, bargabunglah di STIKes Yarsi Pontianak, kami akan menunjukan jalannya. (Kominfo)