Perangi COVID-19, STIKes Yarsi Pontianak Serahkan Bantuan APD Untuk 5 Rumah Sakit

Satgas Penanggulangan Bencana Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yayasan Rumah Sakit Islam Pontianak menyerahkan Alat Pelindung Diri (APD) ke sejumlah Rumah Sakit yang ada di Kota Pontianak, Kalimantan Barat pada Rabu (29/4/2020) siang.

Dalam rangka membantu pemerintah memerangi dan mencegah penyebaran Virus Corona di wilayah Kalimantan Barat, khususnya Kota Pontianak, Satgas Penanggulangan Bencana STIKes Yarsi memberikan bantuan ratusan paket Alat Pelindung Diri (Hazmat Suit dan Face Shield) kesejumlah Rumah Sakit diantaranya, RS. Kartika Husada, RSUD Dr. Soedarso, RS. Universitas Tanjungpura, RS. Anton Soedjarwo dan RS. Sultan Syarif Mohammad Alkadrie.

Ketua Pelaksana Satgas Penanggulangan Bencana STIKes Yarsi Pontianak, Ns. Uti Rusdian Hidayat, M. Kes mengatakan, kegiatan membagikan paket bantuan APD untuk petugas kesehatan di sejumlah fasilitas rujukan perawatan pasien COVID-19 merupakan salah satu dari beberapa program yang telah dan akan dilaksanakan oleh Satgas yang dipimpinnya.

“Program dukungan penanggulangan bencana non alam ini dimaksudkan untuk membantu pemerintah dan pihak terkait, pemilihan program yang dimaksud juga telah melalui analisis serta mitigasi pada zona hijau, kuning dan merah,” ungkap Uti.

Selain membagikan paket APD, sambungnya “Kami juga menerjunkan relawan perawat, menyediakan layanan konsultasi kesehatan fisik dan psikologis secara daring, turut serta dalam melakukan edukasi masyarakat dan berbagai kegiatan lain yang dapat membantu pemerintah sebagai wujud pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” tutup Uti.

Sebagaimana diketahui bahwa berdasarkan Dashboard COVID-19 Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat pertanggal 1 Mei 2020, yang terkonfirmasi COVID-19 sebanyak 58 kasus (12 dirawat, 36 isolasi ketat, 7 sembuh dan 3 meninggal), PDP 69 kasus, OTG 1 kasus dan ODP sebanyak 8983 kasus. (Kominfo)