PELATIHAN BANTUAN HIDUP DASAR (BHD)

Dalam rangka peningkatan kapasitas SDM, Direktur RSUD Kubu Raya Dr. Asep Ahmad Syaifullah menyampaikan bahwa kegiatan House Training Bantuan Hidup Dasar (BHD) pada tanggal 9-10 Oktober 2021 yang bertujuan untuk meningkatkan dan memberikan pelayanan yang sigap, tanggap, cepat dan berkualitas kepada pasien. Sesuai dengan visi misi RSUD Kubu Raya bahwa akan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat sehingga ketika masyarakat sudah mendapatkan pelayanan dan perawatan yang terbaik dari rumah sakit, maka mereka akan sangat puas.

Hadir dalam kegiatan tersebut sebagai Narasumber dan Pelatih (Trainer) sekaligus Dosen STIKes YARSI Pontianak, yaitu Bapak Ns. Uti Rusdian Hidayat, M.Kep. Beliau merupakan salah satu dari beberapa Trainer dari HIPGABI Provinsi Kalimantan Barat. Beliau menyampaikan bahwa tujuan pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) ini untuk meningkatkan keterampilan pegawai rumah sakit baik medis maupun non medis dalam menangani kasus-kasus dengan kegawat daruratan, khususnya dalam memberikan bantuan hidup dasar disaat bantuan medis belum ada.

Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa pelatihan tersebut juga memberikan pengalaman kepada tenaga Kesehatan di RSUD Kubu Raya bagaimana cara mencegah agar tidak terjadinya perhentian sistem pernafasan dan perhentian sistem peredaran darah, serta memberikan bantuan eksternal terhadap kedua system tersebut melalui Resusitasi Jantung Paru (RJP) untuk menyelamatkan nyawa korban.

Sebagai penutup, harapannya setelah mendapatkan pelatihan ini, seluruh staff  baik itu dokter, perawat, bidan dan tenaga medis maupun tenaga non medis lainnya di lingkungan RSUD Kubu Raya dapat memberikan dan memenuhi bantuan sebagai Langkah usaha penyelamatan awal bagi korban/pasien yang memerlukan tindakan bantuan hidup dasar.