LPPM STIKes Yarsi Pontianak Gelar Pelatihan Calon Ayah

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yarsi Pontianak bekerjasama dengan Komunitas Ayah Siaga menyelenggarakan “Pelatihan Calon Ayah – Dukungan Pada Masa Nifas”. Kegiatan yang digelar dikawasan D-Building, Chamber D1.1 tersebut dihadiri oleh sejumlah staf, mahasiswa dan masyarakat umum pada, Sabtu (8/12/2018) pagi.

Ide kegiatan muncul ketika Diena Juliana selaku Kepala LPPM STIKes Yarsi Pontianak melihat banyaknya pelatihan serupa yang hanya menyasar pada calon ibu, sementara itu pada dasarnya sosok ayah juga memiliki peranan penting pasca persalinan.

“Banyaknya pemberitaan tentang ibu yang mengalami depresi terhadap bayinya dikarenakan sosok ayah yang tidak bisa membantu serta kurang memperhatikan istri saat mengurus sang buah hati, menjadi alasan utama kami menyelenggarakan kegiatan ini,” ujar Diena.

Seorang peserta, Vietra mengatakan, pelatihan yang digelar sangat bermanfaat, “Impactnya kami (para calon ayah) bisa mengetahui apa yang harus dilakukan pasca kelahiran. Ternyata selain harus mendampingi istri juga harus bisa merawat bayi dan tentu saja kondisi tersebut akan membuat keluarga menjadi lebih harmonis,” tutup Vietra.

Kegiatan yang dipandu oleh Nisma selaku Second Speaker ini juga memberikan paparan terkait edukasi memandikan, menggendong serta merawat bayi yang baru lahir dengan baik dan benar.

Diharapkan pelatihan ini bisa memberikan motivasi maksimal kepada para calon ayah agar bisa mempersiapkan diri menghadapi masa nifas sang istri serta mampu melibatkan diri secara aktif dalam melakukan perawatan anak sejak lahir. “Ayah Hebat, Anak Sehat, Ibu Bahagia”. (azr/Kominfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *