KRI TORANI-860 Gelar Bhaksos Kesehatan di Pulau Lemukutan

Pontianak – Kapal cepat Kelas PC40 , KRI Torani bernomor lambung 860 di Komandani oleh Mayor Laut (P) Taufik Pamungkas, melaksanakan operasi Bhakti Sosial Kesehatan selama dua hari dikawasan Pulau Lemukutan, kegiatan yang digelar merupakan rangkaian HUT ke-3 Lantamal XII Pontianak, Kalimantan Barat.

Menjadi Alutsista karya cipta anak bangsa yang di produksi oleh PT. Karimun Anugerah Sejati Batam, KRI Torani-860 memiliki kemampuan untuk melaksanakan anti kapal permukaan, peperangan anti udara dan pertempuran kepulauan serta melaksanakan tugas dukungan yakni melaksanakan fungsi search and rescue (SAR).

Dipersenjatai dengan meriam kaliber 30 mm otomelara pada haluan dan dua pucuk senapan mesin berat (SMB) kaliber 12.7 mm pada buritan, Jenis Kelas Kapal Cepat PC40, mempunyai panjang keseluruhan 45.5 meter dan lebar 7.9 meter dengan kecepatan maksimal 24 knot serta kecepatan jelajah 15 knot.

Selain itu, KRI Torani juga dilengkapi dengan mission management system, bila diperlukan canon RCWS (Remote Control Weapon System) dengan mudah dapat dipasang, kapasitas bahan bakar dalam sekali jalan adalah 70.000 liter dan memiliki endurence berlayar selama 6 hari, dapur pacunya di dukung dengan dua buah mesin diesel (MTU) yang masing masing berkekuatan 2480 HP.

Danlantamal 12 Pontianak, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Gregorius Agung W. D. M.Tr (Han) mengatakan, semoga kehadiran KRI Torani 860 dalam mendukung pelaksanaan tugas Operasi Bhakti Sosial dalam bentuk pemeriksaan kesehatan gratis serta penyuluhan tentang keamanan dan keselamatan pelayaran di Pulau Lemukutan Kalimantan Barat, dapat bermanfaat bagi masyarakat setempat serta bisa menjadi barometer peningkatkan konstribusi TNI Angkatan Laut, khususnya Lantamal XII Pontianak dalam mewujudkan kesehatan masyarakat kepualauan serta keamanan maritim.

Kedepan, Pihak Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Yarsi Pontianak berencana akan menjalin hubungan kerjasama dibidang pelayanan kesehatan masyarakat dengan Lantamal XII Pontianak, mengingat dalam waktu dekat Lantamal XII Pontianak akan membangun Rumah Sakit Dikawasan Kecamatan Pontianak Barat. (Dispen Lantamal XII Pontianak/ Kominfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *