Edukasi dan Latihan: 1. Deteksi Dini dan Pencegahan Masalah Kesehatan di Pesisir Pantai dan Kepulauan 2. Penyiapan Wisata yang Aman dan Sehat

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yayasan Rumah Sakit Islam (STIKes YARSI) Pontianak melakukan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Desa Pulau Lemukutan Kecamatan Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang yang diselenggarakan mulai tanggal 31 Agustus 2021 s.d 1 September 2021 dengan serangkaian kegiatan berupa pembukaan kegiatan pkm, edukasi, latihan deteksi dini dan pencegahan penyakit pesisir serta penyiapan wisata pantai dan kepulauan yang aman dan sehat dimulai dengan pretest, penyampaian materi serta postest dan penyerahan plakat, bingkisan dan sertifikat kepada seluruh peserta yang mengikuti kegiatan dari awal sampai dengan penutupan.

Penerapan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dilakukan oleh dosen bertujuan untuk meningkatkan peran dosen di perguruan tinggi dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek),  meningkatkan kandungan nilai komersial dan akademis hasil-hasil pengabdian, penelitian dan penerapan iptek yang diaplikasikan kepada masyarakat umum maupun maupun masyarakat khusus.

Hal tersebut diatas juga sejalan dengan yang disampaikan oleh Ketua STIKes YARSI Pontianak, Ns. Uti Rusdian Hidayat, M.Kep bahwa Perguruan Tinggi, Dosen dan Mahasiswa merupakan mitra masyarakat dalam pemecahan masalah serta pembangunan melalui pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan yang tepat guna. STIKes YARSI Pontianak berkomitmen untuk semakin meningkatkan kebermanfaatan bagi masyarakat khususnya dibidang kesehatan, melalui aktivitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, pungkasnya.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan beberapa hari tersebut merupakan wujud nyata dari sebuah pengabdian/ dedikasi yang diberikan oleh dosen dan civitas akademika STIKes YARSI Pontianak bahwa mereka tidak hanya sebagai sebuah Lembaga/ Instansi Pendidikan semata, tetapi sebagai mitra/sahabat bagi masyarakat yang membutuhkan terutama masyarakat Kalimantan Barat dalam meningkatkan pengetahuan dan kesejahteraan kesehatan.

Adapun topik pokok Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dilakukan ada 5 (Lima) yaitu terkait tentang:

  1. Edukasi Pencegahan dan Deteksi Dini Penyakit Ginjal
  2. Edukasi Tanggap Hipertensi
  3. Edukasi Pulau Wisata Aman Covid-19
  4. Strategi Koping pada Kondisi Darurat Bencana pada Komunitas Remaja
  5. Edukasi Penolong Pertama Wisata Pulau

Hal ini merupakan hasil penerapan bahwa sebaik-baik ilmu adalah ilmu yang bermanfaat dan disebarluaskan seperti yang disampaikan dalam hadist Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam:

 خَيْرُ الناسِ أَنفَعُهُم لِلنَّاسِ

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.” (HR. At-Tabrani)

Dan Selain daripada itu bahwa kita saling menyakini bahwa apa saja kebaikan yang kita berikan maka akan membuahkan hasil yang baik pula. Sesuai dengan Firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala:

إِنْ أَحْسَنتُمْ أَحْسَنتُمْ لِأَنفُسِكُم

“Jika kalian berbuat baik, sesungguhnya kalian berbuat baik bagi diri kalian sendiri …” (QS. Al-Isra’: 7)

Sebagai Penutup, harapannya semoga kedepanya semakin banyak lagi kegiatan-kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang akan dilaksanakan oleh STIKes YARSI Pontianak sebagai wujud kepedulian dan dedikasi yang diberikan untuk masyarakat yang sesuai dengan kebutuhan, keinginan dan harapan kita semua. Aaamiin Allahumaa Aamin.