STIKes Yarsi Pontianak Menjadi “Tuan Rumah” Workshop Item Review XIII, Regional XI Kalimantan

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yarsi Pontianak dipercaya menjadi “Tuan Rumah” Workshop Item Review Ke-13 Regional XI Kalimantan. Kegiatan yang digelar selama dua hari (13 – 14/2/2019) di salah satu kawasan hotel berbintang di Pontianak tersebut, dibuka langsung oleh Ketua STIKes Yarsi Pontianak, Fajar Yousriatin dan Ketua AIPNI Regional XI Kalimantan, M. Syafwani, pada Rabu (13/2/2019) siang.

STIKes Yarsi Pontianak menjadi Tuan Rumah Workshop Item Review Ke-13, Soal Uji Kompetensi Ners,  Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) Regional XI Kalimantan.

Pembukaan Workshop dihadiri oleh ketua AIPNI Regional XI Kalimantan M. Syafwani sekaligus fasilitator, Ketua Stikes Yarsi Pontianak Fajar Yousriatin serta 10 institusi Regional XI Kalimantan dengan jumlah peserta 20 orang.

Ketua STIKes Yarsi Pontianak, Fajar Yousriatin, mengatakan kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk mendapatkan bank soal yang kredibel dan komprehensif sesuai dengan tingkat kompetensi yang ditetapkan oleh Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) khusus untuk uji kompetensi Ners Indonesia.

Selain itu kegiatan ini juga dilaksanakan untuk memenuhi amanah Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 1796/Menkes/Per/VIII/2011, tentang registrasi tenaga kesehatan.

Disebutkan bahwa setiap tenaga kesehatan yang akan menjalankan pekerjaannya wajib memiliki STR (Surat Tanda Registrasi).

“Pendidikan yang berkualitas akan melahirkan mutu lulusan (sumber daya manusia) yang memiliki daya saing yang tinggi dan mempunyai kompetensi yang dapat memenuhi tuntutan pengguna,” ujar Fajar.

Maka diperlukan workshop analisis soal (item review) bagi tenaga dosen khususnya dilingkungan Wilayah Kopertis XI dengan harapan, setiap dosen mampu menyusun soal-soal untuk mencapai kompetensi mata kuliah secara optimal.

Selain itu, Fajar Yousriatin, juga memberikan apresiasi kepada seluruh tim panitia penyelenggara serta seluruh  pihak yang telah membantu terlaksananya acara ini. (TribunPontianak/ Kominfo)