STIKes Yarsi Pontianak

Warga Pontianak Salat Istisqo di Halaman Depan Kampus STIKES Yarsi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,PONTINAK - Kaum Muslimin dan Muslimat di kota Pontianak melaksanakan Salat Istisqo atau salat meminta hujan di halaman depan kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Yarsi Pontianak, Jalan Panglima Aim, Kecamatan Pontianak Timur, Rabu (16/9/2015) pukul 08.26 WIB.

Adapun bertindak sebagai Imam dan Khotib adalah Ustaz Abuya Nanang Zakaria, SPdI.

Salat dilaksanakan sebanyak dua rakaat dengan satu kali salam. Dengan tuntunan seperti salat Ied. Dimana dalam rakaat pertama dilakukan 7 takbir dan dirakaat kedua dilakukan 5 takbir.

Sebelum pelaksanaan salat, para jamaah diingatkan tentang tata cara salat dan keutamaan salat Istisqo. Para jamaah disuruh mengingat dosa-dosa yang pernah dilakukan dan kemudian bertobat agar diampuni oleh Allah SWT.

Usai salat dilanjutkan dengan khutbah mengenai Kabut Asap yang telah difirmankan oleh Allah SWT sekitar 14 abad silam lewat Al-Quran.

"Dalam Surat Ad-Dukhan ayat 10 dan 11, kabut asap sudah diterangkan Allah dalam Al-Quran yang artinya : " Maka tunggulah pada suatu hari dimana langit akan membawa asap- asap yang jelas yang meliputi semua manusia. Ini adalah azab yang pedih," terangnya.

Lanjutnya, manusia akan diuji dengan rasa takut (khauf), haus, lapar, kekurangan harta benda dan kurangnya buah-buahan.

"Ini ujian bagi manusia, namun berbahagialah bagi yang sabar. Harta kita dan semua alam raya ini milik Allah, kita tak bisa menolaknya saat Allah akan mengambilnya," tambahnya.

Dikatakannya, kabut asap ini bisa saja azab bagi manusia. Dengan segala akibat perbuatan dari manusia yang melampaui batas.

"Kita harus intropeksi apakah selama ini sudah benar taat kepada Allah menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya, mengingat dosa dan bertobat," nasehatnya.

Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Mirna Tribun

Artikel Terkait

Highlight STIKes YARSI


Like & Share


Komentar Anda


Statistik Pengunjung

Visitors :21274 Visitor
Hits :56773 hits
Month :276 Users
Today : 36 Users
Online : 1 Users